Sosialisasi dan Bimbingan Teknis IKM

Pengolahan Tera

7 bulan yang lalu

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di Ikuti Oleh Kamad dan Seluruh Guru MTsN 1 Kotawaringin Timur

Published February 1, 2023 | By mtsnkoti | Edit

 

     Sampit-Humas. Kamad beserta guru MTsN 1 Kotawaringin Timur  mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka yang bertempat di ruang guru melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI ) pada Madrasah jenjang MTs Tahun 2023 serentak hari ini 1 Februari 2023 untuk sesi 3 dari pukul 08.00 s/d 11.00 WIB. Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah ( Kemenag ) tahun 2023 ini diikuti oleh Pengawas Madarasah, Kepala Madrasah, dan Guru Madrasah Se-Indonesia.

    Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah ( Kemenag ) Jenjang MTs tahun 2023 ini dilaksanakan secara daring melalui Live Streaming Youtube “Live Direktorat KSKK Madrasah Channel” ; https://www.youtube.com/watch?v=l3X7KoqsJ9Q dan aplikasi zoom meeting yang memuat kapasitas 1000 peserta, dikhususkan untuk Ketua Pokjawasmad dan Ketua KKMTs Se-Indonesia.

    Kegiatan ini diisi oleh narasumber nasional yaitu praktisi dan akademisi ahli Kurikulum Merdeka. Kebijakan IKM oleh Hj. Chundasah, M.Pd (Subkoordinator Kurev MI/MTs, Menyusun KOM oleh Chusniati, M.Pd Okdafid, pada sesi 1. Pembelajaran  (CP, TP, ATP, Modul Ajar) oleh  Shofar Sholahudin Bisri, M.Pd, Asesmen/Penilaian  Enik Kurniawati, M.Pd,pada sesi 2, dan hari ini sesi 3 dengan materi Best Practice P5 PPRA oleh Dr. Sutirjo, M.Pd.

     Materi pertama Pengantar IKM pada MTs disampaikan oleh DR. H. Suwardi, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Beliau menyampaikan bahwa Ruh dan semangat dari kurikulum merdeka adalah memberikan otonomi kepada Madrasah dan Guru untuk menerapkan sistem pendidikan sesuai dengan kebutuhan anak didik, potensi madrasah, dan lingkungan yang ada.”Kurikulum pelajaran umum diatur oleh Kemendikbudristek adapun kurikulum pelajaran agama di atur oleh Kementerian Agama,” jelasnya.” Pedoman implementasi kurikulum merdeka diatur oleh kemenag karena di sana terkait dengan nilai-nilai agama yang merupakan kewenangan kementerian agama untuk menjaganya”, tegas beliau.

Pada akhir paparannya, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, menyampaikan pesan, “Lakukan inovasi tiada henti mewujudkan Madrasah mandiri berprestasi” Beliau juga menghimbau, “Marilah  kita jadikan Madrasah Jannati, tempat yang aman, nyaman, dan mbahagiakan seluruh warga madrasah!”

Adapun. Tujuan kegiatan Bimtek IKM di Madrasah, diantaranya; membumikan kebijakan Kementerian Agama tentang pelaksanaan IKM, menyamakan persepsi serta kesiapan madrasah di seluruh Indonesia dalam melaksanakan IKM, serta memberi kemerdekaan dan keluwesan madrasah dalam mengelola pembelajaran. Menciptakan ruang-ruang kreatifitas bagi guru dan siswa agar dapat berkembang secara optimal.

     Sementara itu, Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Kotawaringin Timur M. Rusidi, S.Ag,. M.Pd.I  mengharapkan madrasah bisa melaksanakan kurikulum sekolah sesuai dengan perkembangan zaman. “Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber karena sudah mau berbagi ilmu tentang Kurikulum Merdeka, semoga dengan adanya sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka, minimal guru sudah sedikit memahami apa itu Kurikulum Merdeka, sehingga harapannya bisa untuk persiapan apabila madrasah menggunakan Kurikulum Merdeka” jelasnya. (r.h.s)

 

Informasi Lainnya

by Pengolahan Tera , 1 bulan yang lalu

MTsN 1 Kotim Raih Juara 3 Perpus Terbaik

. Read More

by Pengolahan Tera , 6 bulan yang lalu

17 Mei Harbuknas, OSIM Kunjungi Perpustakaan

. Read More

by Pengolahan Tera , 6 bulan yang lalu

Madrasah Luncurkan Virtual Library

. Read More